Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025
Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025


Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025 di Indonesia berbeda-beda tiap provinsi. sebagaimana diketahui sampai saat ini Indonesia sudah memliki 38 provinsi yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya.


Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025


Oleh karena, di Indonesia sekurang-kurang ada 38 Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2024/2025. Hal ini terjadi karena setiap setiap provinsi tersebut memiliki beragam wilayah dengan berbagai budaya, bahasa, dan karakteristik geografis. Di sisi lain kalender pendidikan harus sesuai dengan karakteritik daerah bahkan karakteristik setiap satuan pendidikan.

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025


Itulah sebabnya idelanya lalender pendidikan merupakan sebuah jadwal yang disusun oleh lembaga pendidikan itu sendiri, baik itu sekolah maupun perguruan tinggi, untuk mengatur kegiatan belajar mengajar selama satu tahun ajaran.

 

Kalender Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2024/2025 ini biasanya mencakup berbagai informasi penting seperti menentukan kapan tahun ajaran dimulai dan berakhir; menyertakan hari libur nasional, hari libur khusus sekolah, dan libur semester; menetapkan jadwal ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian sekolah; menentukan jumlah hari belajar yang efektif dalam satu tahun ajaran.

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025


Bahkan pada sebagian satuan pendidikan, Kalender Pendidikan tahun 2024/2025 juga memuat jadwal orientasi atau pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru; jadwla kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, kesenian, peringatan hari besar, dan acara khusus lainnya; menentukan kapan penilaian dilakukan dan kapan rapor dibagikan kepada siswa.

 

Pada umum kalender pendidikan bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan pendidikan dapat berjalan secara terstruktur dan terencana, sehingga memudahkan siswa, guru, dan orang tua dalam mempersiapkan diri dan mengikuti proses pendidikan dengan baik.

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025


Bagi guru kalender pendidikan memiliki banyak manfaat bagi guru dan sekolah, antara lain: membantu guru dalam merencanakan program pembelajaran, penyusunan silabus, dan penjadwalan ujian. Guru dapat mengatur waktu untuk menyelesaikan materi ajar dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, kalender pendidikan membantu guru dalam mengelola waktu dengan lebih efisien, sehingga dapat fokus pada pengajaran dan pengembangan materi ajar tanpa terganggu oleh perubahan jadwal yang tidak terduga.

 

Sedangkan bagi satuan pendidikan itu sendiri, kalender pendidikan digunakan untuk mengorganisasikan berbagai kegiatan akademik dan non-akademik secara lebih terstruktur. Ini termasuk perencanaan kegiatan ekstrakurikuler, acara khusus, dan peringatan hari besar. Kaldik di satuan pendidikan juga berfungsi untuk memastikan bahwa waktu yang tersedia digunakan secara optimal untuk kegiatan belajar mengajar dan kegiatan pendukung lainnya.


Beberapa manfaat lainnya dari Kalender Pendidikan adalah dapat memudahkan guru untuk berkoordinasi dengan rekan sejawat dalam hal penyusunan rencana pelajaran, jadwal ujian, dan kegiatan lainnya; memfasilitasi komunikasi yang lebih baik antara pihak sekolah, guru, siswa, dan orang tua mengenai jadwal kegiatan, hari libur, dan periode ujian; memberikan kepastian tentang jadwal kegiatan sekolah, sehingga guru dapat menyiapkan materi ajar dan kegiatan pembelajaran dengan lebih matang; membantu menciptakan lingkungan belajar yang teratur dan disiplin, dengan adanya panduan yang jelas tentang kegiatan selama satu tahun ajaran.

 

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025

Selain itu kaldik juga bermanfaat untuk membantu dalam perencanaan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran, seperti ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan penilaian harian; serta memastikan bahwa proses penilaian dan pemberian rapor berjalan sesuai dengan jadwal, sehingga hasil belajar siswa dapat dipantau secara berkala.

 

Jadi dengan adanya kalender pendidikan, baik guru maupun sekolah dapat menjalankan fungsinya secara lebih efektif dan efisien, serta memastikan bahwa proses pendidikan berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025


Adapun beberapa istilah yang biasanya terdapat dalam Surat Keputusan Dinas Pendidikan tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2024/2025 adalah:

1. Kalender pendidikan merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.

2. Satuan Pendidikan meliputi Taman Kanak-Kanak Luar Biasa, Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa dan Sekolah Menengah Kejuruan.

3. Hari efektif adalah hari belajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum.

4. Hari efektif fakultatif adalah hari efektif dan/atau kegiatan lain yang menunjang pembelajaran.

5. Minggu efektif adalah waktu belajar selama 5 (lima) atau 6 (enam) hari kerja yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan tidak boleh kurang dari jumlah jam pelajaran per minggu, dengan jumlah minggu efektuf dalam satu tahun sesuai dengan ketentuan kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan.

6. Libur semester adalah libur yang diadakan pada akhir setiap semester.

7. Libur umum adalah libur yang berkaitan dengan hari Minggu.

8. Libur hari besar adalah waktu libur yang diadakan sehubungan dengan peringatan keagamaan atau hari peringatan peristiwa panting lainnya sesuai dengan kalender nasional.

9. Libur khusus adalah libur yang diadakan karena kondisi/keadaan tertentu, yang akan ditetapkan kemudian oleh Kepala Dinas Pendidikan

 

Bagi Anda yang membutuhkan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2024/2025, berikut link download Kaldik 2024/2025

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Madrasah (RA MI MTS MA MAK) Versi Kemenag Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi DI Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Aceh Tahun Pelajaran 2024/2025  (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Riau Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Jambi Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Bangka Belitung Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Bengkulu Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Gorontalo Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Maluku Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Maluku Utara Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Papua Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Papua Barat Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Papua Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Papua Tengah Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Papua Pegunungan Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)

Link download Kalender Pendidikan Provinsi Papua Barat Daya Tahun Pelajaran 2024/2025 (disini)


Demikian informasi tentang Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025 untuk TK PADU SD SMP SMA SMK. Semoga ada manfaatnya 



= Baca Juga =


101 comments:

  1. Gimana cara downloadnya ini? Bingung...

    ReplyDelete
  2. makasih atas bantuannya Pak.

    ReplyDelete
  3. pakbu kalo ada yang tahu cara downloadnya tolong saya diberi tahu

    ReplyDelete
  4. mksh banyak pak. kalpend nya komplit. sangat membantu.

    ReplyDelete
  5. Mhn izin download Pak...trims banyak.

    ReplyDelete
  6. terima kasih buanyak. mudahan berkah

    ReplyDelete
  7. Pasal 4
    Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, maka ketentuan yang mengatur tentang Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Muatan Pembelajaran dalam Struktur Kurikulum, Silabus, Pedoman Mata Pelajaran, dan Pembelajaran Tematik Terpadu sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.
    klo permen 58 dihapus kmn mencari acuan truktur kutikulum ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya akan ada permendikbud yg baru, klu tidak salah sudah ada draf bisa ditanyakan pada Instruktur Nasional yg ikut pelatihan K13 th 2016

      Delete
  8. Izin download Kelender Pendidikan
    Pak Ya?

    ReplyDelete
  9. terima kasih banyak mas/mbak, semoga jadi amal ibadah anda.

    ReplyDelete
  10. terima kasih banyak
    sangat bermanfaat dan membantu

    ReplyDelete
  11. trimakasih mas,izin download

    ReplyDelete
  12. semester genap kapan mulai?

    ReplyDelete
  13. terimakasih... sudah bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Terima Kasih semoga bermanfaat.. www.bikincetak.com cetak online murah menjadi mudah dan cepat .. http://bikincetak.com/promo-percetakan/harga-promo-cetak-kalender-murah-indonesia/

    ReplyDelete
  15. lagunya mantab boss judul lagunya apa ajah

    ReplyDelete
  16. mas admin minta perangkat pembelajaran bahasa lampung please....

    ReplyDelete
  17. Awal Masuk Sekolah Semester II Coba Cek Om....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tiap provinsi (bahkan Kabupaten) Libur dan Awal masuk sekolah itu berbeda-beda, Kalender Pendidikan yang jadi acuan resmi adalah kaldik yang dikeluarkan DINAS PENDIDIKAN KAB/KOTA/PROVINSI masing-masing

      Delete
  18. IJIN SEDOT.....MAKASIH BANYAAAAAAAAAKKKKK PAK BOS

    ReplyDelete
  19. Izin bertanya, tapi apakah anda mungkin tahu mengapa masuk pada tanggal 5 (kamis) dan bukan hari senin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsip Liburan Semester 1 atau semester ganjil adalah 2 minggu setelah pembagian Raport semester ganjil

      Delete
  20. Terima kasih jangan lupa kunjungan ke laman http://adaformasi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. Terima kasih atas informasinya jangan lupa berkunjung ke http://infobanten22.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  22. Tahun ajaran 2016/2017 nya mana ya

    ReplyDelete
  23. Boleh minta lagu-lagunya gak hehehe...

    ReplyDelete
  24. Terimakasih ya kang... amat berguna..

    ReplyDelete
  25. terima kasih pak banyak membantu sungguh mulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berbagi update Kalender Pendidikan (KALDIK) Tahun Pelajaran 2019/2020 Kalau sudah ada tolong segera sharrekan Kalender Pendidikan 2019/2020 untuk Provinsi Jawa Barat.

      Delete
  26. Terimakasih kalendernya Pak
    Saya download ya

    ReplyDelete
  27. background sound mantap...

    ReplyDelete
  28. laguya siapa nie pak..semangat banget

    ReplyDelete
  29. ada yang punya kaldik libur jum'at bro??

    ReplyDelete
  30. Terima kasih atas infonya
    http://diajarnyaho.blogspot.com/

    ReplyDelete
  31. Nih titipan link http://akucintadesa.blogspot.com/ sudah saya muat.

    ReplyDelete
  32. Terima kasih ditunggu kenjungan bali di laman https://akucintadesa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  33. terimakasih om sangat membantu

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  34. Kaldik Kalimantan Barat ga ada ya ?

    ReplyDelete
  35. Terima kasih banyak atas informasinya...

    Sekarang lagi musim tahun ajaran baru, bagaimana nih orang tua dalam memilih sekolah untuk anakny?

    ReplyDelete
  36. assalamualaikum, untuk kaldik paud jateng 2018/2019 ada mas...?

    ReplyDelete
  37. kaldik paud jateng 2018/2019...? ada mas

    ReplyDelete
  38. Boleh berkunjung ke sini Juga untuk Kalender Pendidikannya lengkap seluruh Provinsi : https://www.didied.com/2018/07/kalender-pendidikan-20182019-lengkap.html

    ReplyDelete
  39. mohon kaldik untuk ntb 2018/2019

    ReplyDelete
  40. Kenapa nggak lenggap wilayah sumatera selatan nya dong kok nggak ada sih

    ReplyDelete
  41. kulo ngopi pak, maturnuwun

    ReplyDelete
  42. maturnuwun kulo ngopi nggeh

    ReplyDelete
  43. izin download yah pak, Terima kasih https://anditekno.blogspot.com

    ReplyDelete
  44. Pak saya mau nanya. Kalau kalender pendidikan nasional 2018/2019 itu ngga ada ya ? Tapi saya disuruh cari yg nasional bukan provinsi.

    ReplyDelete
  45. keren , memang tiap propinsi kadang beda, saya sempet mau bikin posting kayak gini, tapi gaji, ni ddah banyak :) mampir ya https://www.bangluq.com/

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum
    Kaldik Sumatera Utara gak ada ya pak???

    ReplyDelete
  47. Mikirin apa yang akan terjadi di tahun 2019? mendingan bikin resolusi keuangan 2019 deh hehehe..
    resolusi keuangan 2019

    ReplyDelete
  48. Terima kasih sudah memposting update Kalender Pendidikan 2019/2020 Info ini sangat bermanfaat bagi yang sedang menyusun draf Kaldik 2019/2020.

    ReplyDelete
  49. Ass, Pak apa sudah ada Kalender Pendidikan 2019/2020 untuk Provinsi Jawa Tengah. Kalau ada mohon segera diupload untuk mempersiapkan membuat perencanaan di tahun ajaran yang akan datang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum punya file Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2019/2020, nanti kalau sudah ada Insya Allah akan segera di upload

      Delete
  50. Pak saya juga minta Kalender Pendidikan 2019/2020 Propinsi Jawa Barat . ya pak. Klu sudah ada bisa kirim langsung ke email saya atau bisa diupload di blog ini. Saya ini sudah rutin menjadi pengunjung setia blog bapak.

    ReplyDelete
  51. mkasih atas atas kelender pendidikan, bang saya lagi mencari kelender untuk Nusa Tenggara Timur, Ada tidak aya?? (format-rpp.blogspot.com)

    ReplyDelete
  52. Alhamdulillah akhirnya dapet juga kalender pendidikan dengan lengkap, terimakasih ilmunya https://www.buwoh.com/

    ReplyDelete
  53. makasih mas, sangat membantu sekali hehe

    ReplyDelete
  54. Mantap mas info yg sangat berguna

    ReplyDelete
  55. Mengapa untuk sulut ga bisa di download?

    ReplyDelete
  56. Ok pak, trims...

    https://pengantar-ilmufalak.blogspot.com

    BLOG NGITUNG FALAK

    ReplyDelete
  57. a href="https://blog.pkbmcelahcahaya.edu.eu.org/2022/12/selamat-tahun-baru-2023.html" target="_blank">SELAMAT TAHUN BARU 2023

    ReplyDelete
  58. untuk daerah provinsi lainnya belum ada yah Min ?

    ReplyDelete
  59. Dengan Hormat,

    Kami dari CV. Bagaskara Jaya Abadi bergerak di bidang konstruksi dan telah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai proyek konstruksi baik skala kecil maupun sedang.
    Adapun jenis proyek konstruksi yang kami tawarkan meliputi:

    Pembangunan gedung perkantoran
    Pembangunan jembatan
    Pembangunan jalan raya
    Pembangunan sekolah
    Renovasi gedung
    Renovasi rumah
    dan lain-lain.


    -----------------------------------------------------------
    CV BAGASKARA JAYA ABADI
    Sarirejo II RT/RW 006/000, Singosaren, Banguntapan, Bantul
    CP. 083-867-924-110
    CP. 089-542-240-7561

    ReplyDelete
  60. Dengan Hormat,

    Kami dari CV. Bagaskara Jaya Abadi bergerak di bidang konstruksi dan telah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai proyek konstruksi baik skala kecil maupun sedang.
    Adapun jenis proyek konstruksi yang kami tawarkan meliputi:

    Pembangunan gedung perkantoran
    Pembangunan jembatan
    Pembangunan jalan raya
    Pembangunan sekolah
    Renovasi gedung
    Renovasi rumah
    dan lain-lain.


    -----------------------------------------------------------
    CV BAGASKARA JAYA ABADI
    Sarirejo II RT/RW 006/000, Singosaren, Banguntapan, Bantul
    CP. 083-867-924-110
    CP. 089-542-240-7561

    ReplyDelete
  61. Kalender pendidikan 2023/2024 belum ada kang?

    ReplyDelete
  62. Kalender Pendidikan 2023/2023 Jawa Barat, belum ada kang

    ReplyDelete
  63. kalender Pendididkan untuk Provinsi Riau ada, Min?

    ReplyDelete
  64. Terima kasih telah mengupdeta Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2024/2025 yang kami kirim via email.

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by andynwt. Powered by Blogger.


































Free site counter